BeritaPelayanan Masyarakat

IMUNISASI UNTUK MERANGSANG SISTEM KEKEBALAN TUBUH TERHADAP PENYAKIT

Bidan Desa Ening Wiji Sayekti sedang memberikan Imumisasi DPT-HB dan Polio kepada seorang bayi Rabu (2/9/2020) di Balai Desa Bandingan.

BANDINGAN– Kegiatan imunisasi untuk bayi rutin dilaksanakan di Desa Bandingan Kecamatan Kejobong kabupaten Purbalingga setiap bulan.

Jadwal imunisasi terbagi menjadi 3 tempat : di Balai Desa Bandingan pada hari Rabu pekan pertama setiap bulan, di Posyandu Wijayakusuma pada tanggal 6 setiap bulan, di Posyandu Melati pada tangggal 9 setiap bulan.

Petugas Imunisasi adalah Bidan Desa Ening Wiji Sayekti dibantu Kader Pembangunan Manusia (KPM) Desi Afiani dan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Purwaningsih. Jumlah bayi yang diimunisasi se Desa Bandingan sekitar 100 bayi, dengan umur yang berbeda-beda, dan dengan imunisasi yang berbeda-beda pula.

Imunisasi yang diberikan anatara lain : BCG-Polio 1, DPT-HB-Hib 1 dan Polio 2, DPT-HB-Bib 2 dan Polio 3, DPT-HB-Hib 3 dan Polio 4, IPV, dan Campak dan ditambah dengan DPT-HB-Hib Lanjutan dan Campak lanjutan.

Seorang balita sedang diberikan imunisasi Mesales Rubella (MR), kombinasi vaksin Campak untuk mencegah penyakit yang disebabkan virus campak dan rubella alias campak Jerman, yang dapat menular melaluai saluran pernapasan dan udara, seperti saat batuk dan bersin.

Imunisasi adalah proses untuk membuat seseorang imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut. Bayi yang baru lahir memang sudah memiliki antibodi alami yang disebut kekebalan pasif.

Diharapkan dengan imun tubuh yang kuat menjadikan generasi Indonesia menjadi generasi yang kuat dan terhindar dari penyakit berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *